Rabu, 06 April 2011

Tugas IBD 2


MANUSIA DAN KEINDAHAN

Pengertian Keindahan
Keindahan itu berasal dari kata indah, cantik, bagus, dan elok. Segala sesuatu yang mempunyai sifat indah antara lain seperti karya seni, tata surya, alam, atau manusia dengan segala anggota tubuhnya. Keindahan identik dengan kebenaran, segala sesuatu yang indah itu selalu mengandung kebenaran.

Perkembangan Kesenian
Perkembangan suatu kesenian selalu bermula dari tingkat kesenian yang paling sederhana dan tidak mungkin langsung mencapai puncang perkembangan. Seni berkembang mengikuti perubahan zaman. Zaman sekarang seni sudah mempunyai beberapa jenis seni yang dikelompokkan seperti seni primitif , seni klasik, seni tradisional, seni modern, dan seni kontemporer.

Aliran-Aliran Kesenian
Surrealisme
Aliran lukisan ini kebanyakan menyerupai bentuk-bentuk seperti yang ada di dalam mimpi.

Kubisme
Aliran ini adalah aliran yang cenderung melakukan abstarksi terhadap objek ke dalam bentuk-bentuk geometri.

Romantisme
Aliran lukisan ini cenderung membangkitkan kenangan romantis dan keindahan yang ada di setiap objeknya.

Abstraksi
Seni ini adalah untuk mengesampingkan unsur bentuk dari tulisan. Teknik lukis ini berkembang dengan seiring merebaknya seni konteporer saat ini berarti menghindarkan peniruan objek secara mentah.
Dan masih banyak lagi aliran-aliran kesenian yang ada seperti Plural painting, Seni lukis daun, Ekspresionisme, Fauvisme, Realisme, Naturalsime, dan sebagainya.

Renungan, Keserasian dan Kehalusan
Makna Renungan
Renungan berasal dari kata renung yang artinya berdiam diri sambil memikirkan sesuatu dengan rasa fokus dalam rangka memperbaiki diri atau mengoreksi sendiri kesalahan yang diperbuat sebelumnya.

Makna Keserasian
Keserasian berasal dari kata serasi yang artinya cocok satu sama lain. Keserasian biasanya berhubungan dengan keindahan, suatu objek yang serasi itu nampak indah. Keserasian juga biasanya memiliki perasaan seimbang.

Makna Kehalusan
Kehalusan berasal dari kata halus yang berarti tidak ada kekerasan atau kekasaran. Biasanya kehalusan berhubungan dengan perbuatan lembut, sopan santun, baik hati, dan budi pekerti yang baik. Dengan demikian sikap yang halus dan lembut adalah merupakan gambaran suatu yang tulus serta cinta kasih terhadap sesama.


MANUSIA DAN CINTA KASIH

1.      Cinta adalah sebuah perasaan yang ingin membagi bersama atau sebuah perasaan afeksi terhadap seseorang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut.Cinta adalah satu perkataan yang mengandungi makna perasaan yang rumit. Bisa di alami semua makhluk. Penggunaan perkataan cinta juga dipengaruhi perkembangan semasa. Perkataan sentiasa berubah arti menurut tanggapan, pemahaman dan penggunaan di dalam keadaan, kedudukan dan generasi masyarakat yang berbeda.
Sifat cinta dalam pengertian abad ke 21 mungkin berbeda daripada abad-abad yang lalu. Ungkapan cinta mungkin digunakan untuk meluapkan perasaan seperti berikut:

2.      Kasih Sayang selalu berhubungan dengan “kenyamanan”.  Jika kita menyayangi seseorang, kita akan berusaha membuatnya merasa nyaman.  Kita pun merasakan kasih sayang dari seseorang berdasarkan rasa nyaman yang kita dapatkan ketika berada di dekatnya.  Oleh karena itu :
  • Orang tua yang membuat anaknya merasa takut jelas tidak murni rasa sayangnya.
  • Istri yang membuat suami tida betah di rumah harus mengevaluasi lagi rasa sayangnya.
  • Suami yang tidak peduli perasaan istri seharusnya hidup membujang saja seumur hidup.
  • Sahabat yang baik selalu membuat temannya merasa nyaman untuk bercerita tanpa takut dihakimi dan dituding macam-macam.
  • Rumah yang tidak lagi terasa nyaman barangkali karena memang sudah tidak ada kasih sayang di dalamnya.
3.      Kemesraan berasal dari kata mesra yang berarti erat atau karib sehingga kemesraan berarti hal yang menggambarkan keadaan sangat erat atau karib. Kemesraan juga bersumber dari cinta kasih dan merupakan realisasi nyata. Kemesraan dapat diartikan sama dengan kekerabatan, keakraban yang dilandasi cinta dan kasih.
Tingkatan kemesraan dapat dibedakan berdasarkan umur, yaitu:
  • Kemesraan dalam Tingkat Remaja, terjadi dalam masa puber atau genetal pubertas yaitu dimana masa remaja memiliki kematangan organ kelamin yang menyebabkan dorongan seksualitasnya kuat.
  • Kemesraan dalam Rumah Tangga, terjadi antara pasangan suami istri dalam perkawinan. Biasanya pada tahun tahun wal perkawinan, kemesraan masih sangat terasa, namun bisa sudah agak lama biasanya semakin berkurang.
  • Kemesraan Manusia Usia Lanjut, Kemsraan bagi manusia berbeda dengan pada usia sebelumnya. Pada masa ini diwujudkan dengan jalan – jalan dan sebagainya.
Pemuja Dari dasar kata puja, yang berarti menghormati. Pemuja itu berarti orang yang menghormati atau orang yang memuja.

0 comments:

Posting Komentar